HARAPAN

|

Penulis : Muhammad Yusuf

لبست ثوب الرّجا والناس قد رقدوا……وقمت أشكوالى مولاي ما أجــــدُ
وقلت يا ســـــــيدي يا منتهى أملي……يا من عليه بكشف الضّـــرّ أعتمدُ
أشكو اليك أمورا أنـــــــت تعلمها……مالي على حمـــلها صبرٌ ولا جلَدُ
وقد مددتُ يدي للضّـــــــرّ مشتكيا……الـــــــيك يا خير من مُدّت اليـه يدُ
Aku memakai baju harapan sedangkan manusia terlelap dalam tidurnya
Aku Bangun malam untuk mengadukan kepada yg maha dipertuan (Allah)apa yg sedang aku alami. Aku berkata Wahai penguasa diriku, Wahai tempat berhentinya cita-citaku, Wahai Zat yg kepadanya aku yakin dapat menghilangkan derita. Aku mengadukan kepadamu segala perkara yg telah engkau ketahui. Tidak ada kesanggupan bagiku untuk bersabar dan tabah menanggungnya. Aku ulurkan tanganku ini untuk mengadukan derita kepada engkau Wahai Zat yg tanganku mengharap kepadanya.

Bait ini dibaca Oleh Al-Imam Yusuf Bin Muhammad Al-Tauzariy sebelum menyusun Qosidah Al-Munfarijah. (Perkataan Syeikh Yusuf Ilyan Sarkis dalam Kitab "Mu'jam Al-Mathbu'at vol.1 Najef: Al-Mansyurah 1982) h.267

0 komentar:

copy right by andals-dr18.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.