Pesantren Daarul Rahman Bogor Santuni Ratusan Dhuafa

|

Jumat, 27 Agustus 2010 04:10

Bogor, NU Online
Pondok Pesantren Daarul Rahman yang berlokasi di Kampung Jambu, Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, menggelar santunan dhuafa.

Ustadz Baejuri, salah seorang panitia santunan dhuafa di Bogor, Kamis (27/8) mengatakan, kegiatan sosial Pesantren Daarul Rahman tersebut dilaksanakan pada Rabu dan Kamis di Masjid Al-Karomah yang berada di sekitar pesantren.

"Setiap Ramadhan kami selalu menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial baik berupa santunan, pembangian bingkisan hingga penyerahan zakat kepada warga sekitar pesantren," ujar Baejuri yang juga mantan aktivis PP IPNU.
Menurutnya, kegiatan santunan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut melibatkan ratusan warga dari berbagai desa sekitar Pesantren Daarul Rahman.

"Warga yang disantuni berasal dari desa-desa sekitar. Santunan ini sebagai salah satu upaya untuk membina hubungan yang lebih harmonis antara pesantren dan warga sekitar," terangnya.

Pimpinan Pesantren Daarul Rahman Leuwisadeng, Ustadz Zaenul Rido menambahkan, santunan dhuafa yang dilaksanakan pihaknya sebagai wujud internalisasi ajaran yang terkandung di balik diwajibkannya ibadah puasa.

"Salah satu hikmah puasa yaitu agar kita menjadi pribadi yang peduli terhadap nasib kaum dhuafa," ujar Zaenul Rido.

Menurutnya, kaum dhuafa perlu mendapatkan perhatian karena mereka mengalami nasib kurang baik di bidang ekonomi. Kadang untuk menutupi kebutuhan makan sehari-hari pun mereka tidak mampu.

"Santunan dhuafa juga sebagai bentuk pendidikan bagi para santri. Kami berharap santri memiliki kepedulian terhada kaum dhuafa di lingkungan sekitar di mana ia tinggal," tuturnya.

Zaenul Ridho mengatakan, Pesantren Daarul Rahman selalu berupaya memikirkan nasib kaum dhuafa. Tidak hanya saat Ramadhan, namun dalam berbagai kesempatan kaum dhuafa selalu menjadi perhatian pesantren.

"Pada berbagai momentum perayaan hari-hari besar Islam, kami selalu memberikan santuna kepada kaum dhuafa," ungkapnya.

Daarul Rahman merupakan corak pesantren modern yang mengajarkan penguasaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pergaulan sehari-hari, pendidikan formal berupa MTs dan MA yang dipadukan dengan kurikulum pesantren tradisional.

Pesantren Daarul Rahman dirintis oleh mantan Ketua PP LDNU Prof KH Syukron Makmun. Selain berlokasi di Bogor, Pesantren Daarul Rahman juga berlokasi di Kebayoran Baru Jakarta dan Sawangan, Depok, Jawa Barat. (hir)

0 komentar:

copy right by andals-dr18.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.